Absensi Online Mempermudah Proses Payroll

Teknologi yang semakin pesat terbukti mampu menciptakan efisiensi baru baik bagi perusahaan maupun pekerjanya. Hal terkait absensi mungkin bukan hal yang sering diperbincangkan, bahkan mungkin dianggap biasa. Namun kenyataannya, beberapa perusahaan cukup kewalahan menangani absensi karyawannya. Umumnya masalah yang sering terjadi adalah mengenai absensi yang kadang tidak tepat, seperti perhitungan cuti, keterlambatan, dan izin sehingga berimbas ke perhitungan gaji karyawan.

Kemunculan HRIS Indonesia yang dilengkapi dengan aplikasi absensi online belakangan kian marak. Di tengah maraknya penyedia layanan aplikasi absensi online, perusahaan harus jeli untuk mengenali keunggulan aplikasi tersebut. Mengingat aplikasi HRIS yang bertujuan untuk mempermudah perusahaan dan karyawan dalam proses HR. Artinya, keberadaan akun khusus untuk masing-masing karyawan tentu merupakan kemampuan penting yang wajib ada. Akun khusus semacam ini tentu akan memudahkan karyawan untuk mencatatkan kehadirannya setiap hari kerja.



Selain mencatat kehadiran karyawan, terdapat juga beberapa manfaat absensi online.

1. Mempermudah Proses Perhitungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa absensi manual masih banyak kekurangannya. Ada saja masalah yang bisa disebabkan termasuk kecurangan yang dapat dilakukan oleh karyawan.

Melalui aplikasi absensi online, hanya karyawan yang dimaksud yang dapat mengakses akunnya sendiri. Hal ini menjadikan peluang kecurangan lebih kecil dan sulit. Data yang didapat melalui absensi online juga diolah secara langsung dan realtime sehingga hasilnya bisa langsung terdata.

Sistem online tentu akan memudahkan dalam pencatatan dan rekapitulasi data. Seperti dalam absensi online, data kehadiran, ketidakhadiran, hingga keterlambatan karyawan bisa langsung tercatat otomatis tanpa harus memindahkan data secara manual. Apalagi, sistem online membuat adanya integrasi antar data sehingga perubahan data yang satu akan langsung mengubah data lainnya.

2. Menghemat Biaya

Jika menggunakan fingerprint, perusahaan harus menyediakan anggaran khusus dalam pengadaan perangkatnya serta wajib menyediakan cadangan untuk kondisi tertentu seperti kerusakan. Selain itu, perusahaan juga harus mengganggarkan untuk kebutuhan teknisi khusus dalam perawatan dan perbaikan perangkat.

Berbeda jika menggunakan aplikasi absensi online. Perusahaan hanya memerlukan komputer dan koneksi internet yang pada hakikatnya sudah dimiliki oleh perusahaan. Begitu juga dengan karyawan hanya perlu mengunduh aplikasi yang tentu saja gratis, dapat diunduh melalui smartphone masing-masing karyawan.

3. Dasar Payroll Karyawan

Apabila sistem penggajian karyawan di dalam perusahaan anda ditentukan oleh tingkat kehadiran karyawan, maka aplikasi absensi online dapat membantu anda untuk melakukan validasi jumlah kehadiran antar masing-masing karyawan.

Hal ini juga berlaku bagi karyawan yang mengambil lembur. Dengan demikian, mereka mendapatkan upah lembur sesuai dengan data yang tersimpan di system.

4. Menghemat Waktu

Jika masih menggunakan fingerprint, maka karyawan harus menghabiskan waktu mengantri untuk absen. Hal ini juga dapat merugikan karyawan jika pada perusahaan tersebut melakukan potongan kepada karyawan yang telat masuk.

Berbeda jika menggunakan aplikasi absensi online, akan meningkatkan efisiensi karyawan dalam absen. Seperti yang tadi dibahas bahwa karyawan absen melalui smartphone masing-masing, yaitu dengan melakukan selfie yang kemudian sistem akan melacak lokasi karyawan saat itu juga, baik dikantor maupun dilapangan.

Manfaat 4 poin di atas hanya dapat dirasakan oleh karyawan dan perusahaan ketika memilih aplikasi absensi online yang dapat diandalkan. Jika berminat menggunakan aplikasi HR dengan fitur absensi online, Anda bisa menggunakan Orange HR. Orange HR menyediakan software absensi dan aplikasi absensi yang dapat digunakan perusahaan maupun karyawan. Selain aplikasi absensi onlineOrange HR juga menawarkan berbagai modul HR yang pastinya menyelesaikan masalah HR sekarang ini. Ayo Request Demo sekarang juga..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Future of HR

Ciri-Ciri Loyalitas Karyawan yang Harus Diketahui Perusahaan